5 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Jadi Mahasiswa, Bisa Rugi Kalau Sampai Nggak Tau


Perguruan tinggi adalah tempat belajar, bukan tempat untuk mencari nilai. Terlalu fokus kepada nilai akan membuatmu menjadi seseorang yang grade oriented sehingga bisa saja melakukan hal-hal yang tidak baik untuk mengejar nilai itu. Lagipula, percuma nilai tinggi kalau ilmunya tidak dapat. perbanyak lah teman dan pengalaman ketika di kampus. nilai tidak terlalu penting tapi pengalaman yang membuat kita mendapatkan nilai yang sangat bagus
1. IPK Memang Bukan yang Utama, tetapi Lulus dengan IPK Bagus Tetap Harus Diraih

Banyak mahasiswa yang gagal dan harus mengalami drop out karena ada yang salah sewaktu menjalani kuliahnya. Termasuk dalam berkomunitas atau karena asyik dengan hal yang lain. Meskipun Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bukan satu-satunya penentu kesuksesan, mengakhiri studi dengan gemilang agar siap untuk menghadapi dunia kerja tentu harus diraih. Kampus adalah candradimuka di mana mahasiswa menggembleng diri dan menuntut ilmu.

2.Kuatkan dan Bangunlah Jaringan (Networking) Sebagai Investasi Masa Depan

Jangan jadi kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang, demikian celetukan yang beredar di kampus. Ada benarnya meskipun tidak mutlak. Sebab dalam dunia kerja sekarang ini networking berperan besar. Jaringan pertemanan yang terbangun di kampus bisa jadi adalah satu hal yang positif saat lulus dan bergelar sarjana nanti. Bisa jadi info tentang peluang karier atau berharap sukses lewat jalur wirausaha bisa didapatkan atau diwujudkan berkat adanya jaringan pertemanan.

3. Cari tahu Kegiatan di Luar Kampus.



Kita bisa mulai mencari tahu apa saja kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di kampus kita dan langsung bergabung dengan klub atau organisasi yang kita sukai. Dengan mengikuti salah satu klub atau organisasi kampus, akan banyak keuntungan yang kita dapat. Selain menambah teman baru sebagai mahasiswa baru, kita juga akan mendapat pengalaman lebih tentang berorganisasi dan bisa menambah skill kita sesuai dengan klub atau organisasi yang akan kita ikuti. dan yang terpenting cari lah organisasi yang sangat positif dan banyak pengalaman. 

4. Mengeksplor Kampus


Kampus akan menjadi tempat dimana kita akan menghabiskan sebagian waktu yang kita punya. Oleh karena itu, kita harus tahu benar seluk-beluk kampus kita, agar kita tidak merasa cepat bosan berada di sana untuk sekadar belajar, tetapi kita juga mendapatkan kesenangan yang bisa meminimalisir rasa jenuh kita. Carilah tempat yang paling nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong favorit bersama teman. bahkan lebih baik lagi jika kita tau semua yang ada di kampus dan kejadian yang ada di kampus. 

5. Mengatur Budget Bulanan


Sebagai anak kuliahan, kita dituntut untuk mandiri dan mulai mengatur semuanya sendiri termasuk pengeluaran kita. Kita bisa memulai dengan mencatat rata-rata pengeluaran kita per hari dan menjumlahkannya dalam seminggu lalu di estimasikan dalam per bulan. Dengan mulai membiasakan diri untuk lebih teratur dalam hal pengeluaran, pada akhirnya kita akan terbiasa untuk mengorganisir semua kegiatan kita. Mulai kerja deh, ada kalanya juga kita mencari pekerjaan taambahan. contohnya jika kamu kuliah pagi cobalah cari pekerjaan dimalam hari tapi jika tidak bisa onlineshop adalah pilihan terbaik.


Comments

Popular posts from this blog

Walpaper Anonymous HD

Sahabat atau Teman ?

Walpaper HD Big Hero